Analisis Tematik Ayat Jilbab, Cadar dan Burqa dalam Al-Qur'an

Penulis

  • Halwa Nur Lathifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochammad Syamsuttamreis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Abdul Muhyi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Al-Qur'an, Jilbab, Niqab, Burqa, Tafsir Maudhu'i

Abstrak

Di era modern yang memakai hijab, niqab dan burqa sudah menjadi hal yang biasa. Trend fashion semakin kekinian dan berbagai bentuk model yang menjadikan Masyarakat semangat untuk menutup aurat. Disisi lain hal ini menjadi perbincangan, yaitu tentang batas-batas aurat yang harus di tutup dan sering dikaitkan dengan kelompok ekstrim dan radikal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi pemahaman terkait ayat-ayat tentang fenomena jilbab, cadar, dan burqa di era modern, beserta tafsir maudhu’i yang menjadi fokus kajian ini, Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka (library research). Kemudian dikembangkan dengan analisis deskriptif untuk menjelaskan suatu makna lebih lanjut. Hasil penelitian ini yaitu ada tiga ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang penutup aurat yaitu lafadz Khimar (???? ), lafadz Jilbab (????? ) dan lafadz Hijab ( ???? ). Dan disimpulkan bahwa Cadar menutupi bagian wajah wanita dari pangkal hidung hingga bawah mata, jilbab adalah kain yang menutupi kepala dari atas hingga bawah dengan panjang tertentu, dan burqa adalah selembar kain transparan segi empat yang dipakai di bawah mata dan menutupi sebagian besar wajah.

Referensi

N. Umar, Fikih wanita untuk semua. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2010.

M. Sudirman, “( Suatu Kajian Perspektif Sejarah ),” Diktum J. syariah dan Huk., vol. 17, no. 1, pp. 49–64, 2019.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. ke-3. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

U. Sidiq, “DISKURSUS MAKNA JILBAB DALAM SURAT AL-AHZAB AYAT 59 Menurut Ibnu Kathir dan M. Quraish Shihab,” Kodifikasia, vol. 6, no. 1, 2013, doi: 10.21154/kodifikasia.v6i1.194.

K. Fauziah, “Mode (Fashion) Perempuan Pada Masa Nabi (Kajian tentang Niqab, Burqa, dan Khimar Perspektif Hadis),” Institutional Repos. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52347

Fedwa El Guindi, Jilbab: Antara Kesalehan, Kesopanan, dan Perlawanan, Cet. 2. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2003.

M. Muthahari, Gaya Hidup Wanita Islam. Bandung: Mizan, 1990.

Fazlurrahman, Nasib Wanita Sebelum Hijab, Cet. 1. Jatim: Putra Pelajar, 2000.

A. Tawakalni, R. Y. Ahmad Hambali, and A. G. Albustomi, “Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari dan Relevansinya dengan Persoalan Etis dan Teologis,” JurnalRiset Agama, vol. 2, Nomor 3, pp. 10–11, 2022.

K. H. Q. Sholeh and Dkk, Asbabun Nuzul. Bandung: Diponegoro, 2007.

I. As-Syuyuti, Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Al-Quran. Jakarta: PUSTAKA AlKautsar, 2015.

Q. Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Juz 11. Jakarta: Lentera Hati, 2004.

D. H. Z. M.Ag, “Jilbab: Menutup Analisis Aurat Perempuan Surat An Nur Ayat 31,” Wahana Akad., vol. Vol 14 No, pp. 1–22, 2016.

M. Ali Sayis, Tafsir Ayat Al Ahkham. Bairut: Darul Al Mishr, 1961.

T. M. Hasbi, Tafsir An-Nur. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 1999.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-16

Cara Mengutip

Lathifah, H. N., Syamsuttamreis, M., & Muhyi, A. A. (2024). Analisis Tematik Ayat Jilbab, Cadar dan Burqa dalam Al-Qur’an. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2431–2440. Diambil dari https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/542

Terbitan

Bagian

Artikel