Campur Kode dalam Media Sosial Tiktok

Sebuah Studi Gaya Bahasa dan Dampaknya

Penulis

  • Nirvana Sihombing Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Yulia Arfanti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Kata Kunci:

Campuran Kode, Media Sosial, Tiktok, Gaya Bahasa

Abstrak

Penelitian tersebut diberi judul “Penggunaan Campur Kode Bahasa Indonesia di Media Sosial TikTok (Analisis Gaya Linguistik dan Dampaknya Terhadap Komunikasi Online)”.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan campur kode dalam konten TikTok, mengidentifikasi jenis-jenis campur kode yang digunakan, dan mengetahui dampak penggunaan campur kode terhadap komunikasi online.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data tersebut diperoleh dari konten TikTok yang berisi camput kode dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik analisis data meliputi penyajian data dan penarikan kesimpulan.Temuan menunjukkan bahwa berbagai jenis campur kode digunakan dalam konten TikTok: campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campur.Bentuk campur kode yang ditemukan meliputi kata, frasa, klausa, dan idiom.Penggunaan campur kode dalam konten TikTok memiliki beberapa fungsi, termasuk mengekspresikan emosi, menunjukkan identitas, dan menciptakan keakraban. Namun penggunaan campur kode yang berlebihan dapat mempengaruhi komunikasi online.membuat pesan sulit dipahami,mengurangi kejelasan informasi,dan mengurangi efektivitas komunikasi.

Referensi

Amriyah, N. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf:Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesai Vol. 3 No. 1

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. jakarta: PT Rineka Cipta.

Dahniar, A. (2023). Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3, No. 2.

Eva yuliana manaf, I. s. (2021). Alih kode dan Campur Kode Bahasa Wilio Ke Dalam Bahasa Indonesia Di satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bau Bau. Jurnal Ilmu Budaya,vol 9 ,No 1.

Fauzi, M. R. (2023). Analisis penggunaan campur kode dalam konten wanderlearn pada akun Tiktok eranitri. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 2.

Lucky Amatur Rohmani, A. A. (2023). Analisis Campur Kode Pada Percakapan Sehari-hari Mahasiswi Program Study Pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern,Volume 08 Nomor 03.

Nurhayan, F. I. (2023). Campur Kode Bahasa Indonesia Pada Remaja Dalam Jejaring Sosial Di Instagram Asas:. Jurnal Sastra Vol.8. No.1..

Putri lestari, S. R. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Intraksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. D'SASTRA, Jurnal pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia .

Saskia Noviyanti, S. A. (2023). Peran gaya bahasa dalam membangun wacana pada novel '' Rasa'' Karya Tere liye: kajian Sosiolinguistik. Jurnal Onama,Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol 9,No. 2.

yaningrum, L. L. (2021). Campur kode dalam riview produk kecantikan oleh Riri Prams di Youtube. Caraka,vol 7.no.2 .

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Sihombing, N. ., & Arfanti, Y. (2024). Campur Kode dalam Media Sosial Tiktok: Sebuah Studi Gaya Bahasa dan Dampaknya. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2487–2496. Diambil dari https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/555

Terbitan

Bagian

Artikel