Merangsang Literasi Baca Tulis melalui Permainan Kartu Suku Kata
Pendekatan Kreatif untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kata Kunci:
Baca Tulis, Permainan Kartu, Suku Kata, Peembelajaran Kreatif, Bahasa Indonesia, LiterasiAbstrak
Artikel ini membahas penggunaan permainan kartu suku kata sebagai pendekatan kreatif untuk meningkatkan literasi baca tulis pada pembelajaran bahasa Indonesia. Permainan ini bertujuan untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar membaca dan menulis. Melalui studi kasus di SDN SAMBIREJO 02, ditemukan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Artikel ini juga menjelaskan langkah-langkah implementasi permainan kartu suku kata serta dampaknya terhadap keterampilan bahasa siswa.
Referensi
Cahyani, A. D., & Cahyono, B. Y. (2019). Innovations in Language Learning and Teaching: Implementing Blended Learning in EFL Contexts. Journal of Language Teaching and Research, 10(3), 588-597.
Harmer, J. (2015). The Practice of English Language Teaching (5th ed.). Pearson Education.
Kemdikbud. (2016). Kurikulum 2013: Panduan Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, R. A., & Wibowo, F. C. (2018). Creative Teaching Methods in Primary Schools. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(1), 45-56.
Susanto, A. (2017). The Teaching of Literacy in Primary Schools. Journal of Primary Education, 10(2), 85-92.
Suyanto, I. (2019). Permainan Kartu Suku Kata dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(1), 14-26.
Syatauw, G.R., Solehun, S., & Rumaf, N. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar2(2):80–86.
Vygotsky, L. S. (2016). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (Reprint ed.). Harvard University Press.