Perkembangan UMKM di Provinsi Jawa Barat pada Tahun 2020-2022 Dengan Pendekatan Statsitik Deskriptif

Penulis

  • Lela Nurlaila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Egi Febrian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Helmi Agustian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Luthfi Ramdhan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Zumar Fahira Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ninda Nabila Paujiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Lasmi Wardiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Jawa Barat, Kebijakan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi, Statistik Deskriptif

Abstrak

Studi ini berperan untuk meneliti perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Barat selama periode 2020-2022. UMKM memiliki fungsi di daerah dengan menambah peluang kerja, menaikkan penghasilan warga, serta memfasilitasi perkembangan ekonomi. Data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat digunakan dalam penelitian ini. Metode statistik deskriptif digunakan untuk mengilustrasikan tren pertumbuhan jumlah UMKM, sektor usaha yang dominan, distribusi geografis, dan kontribusi terhadap PDB daerah.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah UMKM di Jawa Barat selama periode ini, meskipun pandemi CORONA memberikan efek yang sangat berpengaruh untuk operasional dan pendapatan mereka. Sektor perdagangan dan jasa adalah sektor yang paling dominan dalam pertumbuhan UMKM, sementara distribusi UMKM lebih terkonsentrasi di wilayah perkotaan dibandingkan dengan pedesaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa UMKM di Jawa Barat memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi daerah, meskipun masih menghadapi berbagai tantangan seperti akses modal, teknologi, dan pasar.

Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan pemerintah melalui kebijakan yang mendukung akses permodalan, peningkatan kapasitas, dan akses pasar bagi UMKM. Rekomendasi kebijakan mencakup pemberian insentif, program pelatihan, dan fasilitasi akses pasar melalui digitalisasi dan platform online. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber bagi pembuat kebijakan dan pihak terkait dalam upaya memajukan sektor UMKM di Jawa Barat.

Referensi

Masyhuri, M. (2007). Ekonomi mikro.

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital.

Primatami Anggraita., & Hidyati Nanda,. (2019). Perkembangan saha Mikro Kecil (UMK) di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(3).

Al Farisi, F., et al. (2022). "Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat." Jurnal Ekonomi dan Pembangunan.

Badan Pusat Statistik (BPS). "Data Potensi dan Pengaruh UMKM terhadap Perekonomian Indonesia."

Prasetyo, B. (2008). Ekonomi Mikro: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumodiningrat, G. (1998). Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (2022). "Laporan Peningkatan Ekonomi dan Daya Saing UMKM di Jawa Barat."

Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (PIKOBAR). (2022). "Dampak Pandemi COVID-19 terhadap UMKM di Jawa Barat."

Shopee Indonesia. (2021). "Kolaborasi Shopee dengan Pemprov Jabar untuk Digitalisasi UMKM." Laporan Tahunan Shopee.

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil). (2022). "Rapat Asistensi Kerja Sama Daerah untuk Meningkatkan Daya Saing di Bidang Ekonomi."

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). "Peran dan Tantangan UMKM dalam Perekonomian Indonesia."

PERMANA, Sony Hendra. Strategi peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 2017, 8.1: 93-103.

SUNARSI, Denok. Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 2020, 57.

TAMBUNAN, Tulus TH. UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media, 2021.

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.

Santoso, B., & Rahayu, L. (2018). Dampak Globalisasi terhadap UMKM di Jawa Barat: Studi Kasus dari Sektor Kerajinan Tangan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), 12-24.

Setiawati, R. (2017). Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran UMKM di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 10(3), 89-102.

Kurniasih, D. (2021). Penyusunan Laporan bagi para Pendamping UMKM di Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(2), 56-62.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM sebagai pilar untuk mengembangkan perekonomian bangsa. Jurnal REP (Penelitian Ekonomi Pembangunan) , 4 (2), 1-189.

Vivi Silvia, S. E. (2020). Statistika Deskriptif. Penerbit Andi.

Al Farisi, M., Prasetyo, H., & Purwanti, E. (2022). Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 45-56.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik UMKM di Indonesia. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2022). Laporan Tahunan BPS Jawa Barat. Bandung: BPS.

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil). (2022). Rapat Asistensi Kerja Sama Daerah Untuk Meningkatkan Daya Saing di Bidang Ekonomi. Bandung: Ditjen Adwil.

PIKOBAR. (2022). Laporan COVID-19 di Jawa Barat. Bandung: Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat.

Prasetyo, H. (2008). Dampak UMKM terhadap Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 10(1), 22-34.

Sumodiningrat, G. (1998). Kemiskinan dan Pembangunan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008). Jakarta: Sekretariat Negara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-21

Cara Mengutip

[1]
L. . Nurlaila, “Perkembangan UMKM di Provinsi Jawa Barat pada Tahun 2020-2022 Dengan Pendekatan Statsitik Deskriptif”, JISMA: J. Ilmu Sos. Manajemen, dan Akunt., vol. 3, no. 2, hlm. 1339–1346, Jun 2024.

Terbitan

Bagian

Artikel